×
Tips Ringan

Tips Ringan - 5 Hal Yang Fresh Graduate Harus Hindari Saat Interview Kerja

Bukan kamu saja yang bahagia, tentunya orang tua pasti bahagia, bahkan pacar kamu juga ikut bahagia (kalo punya). Karena akhirnya kerja keras kamu di bangku kuliah terbayar dengan selembar ijazah dan jabat tangan dari rektor kampus. Selain itu, kamu juga sudah bisa ngasih gelar sarjana di belakang nama kamu.

Akan tetapi, lulus kuliah juga berarti kamu akan dihadapkan pada tantangan yang sebenarnya dalam karir, seperti misalnya kamu mencari lowongan yang sesuai dengan bidang yang kamu pelajari di bangku kuliah, dan cara kamu membuat yakin calon atasan kamu di saat interview kerja berlangsung.

Nah, ini hal-hal yang harus kamu hindari saat interview kerja…

Kesan pertama itu penting apalagi di depan calon atasan kamu. Pastiin kamu datang 5-10 menit lebih awal di tempat yang udah ditentuin. Tapi, jangan juga datang terlalu cepat seperti 1 jam, atau bahkan 1 tahun lebih awal. Hal itu malah akan mengganggu jadwal kerja mereka.

Pastiin kamu sudah memakai pakaian yang sesuai dengan perusahaan tempat kamu interview. Penting sekali untuk ngelakuin riset terlebih dahulu, seperti kalo lagi kepoin akun Instagram gebetan sebelum ketemuan. Cari tau alamat jelas perusahaannya dan tipe pakaian apa yang dipakai karyawannya. Jika perusahaan tersebut mempunyai peraturan untuk berpakaian formal, lebih baik kamu memakai pakaian yang formal juga dan tidak memakai jeans. Tapi jika perusahaannya berbentuk startup yang sering memakai pakaian casual, kamu bisa memadukan kemeja kamu dengan celana jeans. Pastiin kamu nggak bau badan dan bau mulut juga ya!

Kontak mata penting dalam komunikasi. Itu menunjukkan kamu fokus dan percaya dengan diri kamu dan keahlian kamu. Kalau kamu menghindari kontak mata dan sering melihat ke arah lain, seperti ke langit langit atau tembok misalnya, mereka bisa saja menilai bahwa kamu pemalu, nggak suka berhadapan dengan orang lain, atau bahkan nggak sopan. Padahal di perusahaan, kamu akan sering berhadapan dengan banyak orang terutama rekan satu tim kamu. Selalu jaga kontak mata, dengan begitu, dia akan menilai kalau kamu percaya diri dan mampu bekerja dalam tim.

Jangan sampai kamu berbohong di CV kamu karena pasti akan selalu ketauan. Tulis CV kamu dengan sebenar-benarnya. Daripada berbohong, lebih baik kamu menuliskan apa saja yang pernah kamu capai di bangku kuliah dan sifat-sifat baik kamu yang menonjol yang bisa kamu terapin di perusahaan tersebut. Tapi kalo kamu diputusin pacar karena kamu terlalu baik, itu nggak termasuk di dalam sifat baik, ya.

Kalau ini adalah interview pertama kamu, wajar banget kalau kamu akan merasa gugup dan nggak kebayang bakalan ditanya apa. Kalau sudah gugup, ambil waktu sejenak buat nenangin pikiranmu biar nggak nge-blank dengan minum air mineral. Pastikan di tas kamu ada VIT 600ml dan datang lebih awal, biar bisa persiapin diri sekaligus nenangin diri sebelum interview.

Yakinin diri bahwa kamu pasti bisa! Nggak perlu takut untuk menghadapi HRD pada saat interview. Setelah itu, lepasin aja. Be yourself dan masuk ke ruang interview dengan percaya diri.

Good luck, ya!

Related Articles

07 June 2018 | Tips Ringan
Di saat haus, hindari minum minuman manis atau yang mengandung kafein. Minuman yang mengandung alkohol atau kafein malah justru akan menciptakan rasa haus yang tidak bisa dihilangkan. Minuman manis ju... Baca Lebih Lanjut
07 June 2018 | Tips Ringan
Seringkali kita lupa minum air karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Agar hal ini tidak terus-terusan terjadi, cobalah Letakkan sebotol VIT di ruangan atau cubicle Anda di kantor. Bila ada ... Baca Lebih Lanjut
07 June 2018 | Tips Ringan
Tubuh menghasilkan berbagai sisa metabolisme yang tidak diperlukan, termasuk toksin. Berbagai sisa metabolisme tersebut dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas, dan kulit. semu... Baca Lebih Lanjut