Tips Hidup Cermat

5 Trik Fokus Belajar di Rumah

5 Trik Fokus Belajar di Rumah Supaya Nilai Langsung Meroket!

 

 

 

Setelah seharian beraktivitas, kebanyakan orang akan langsung istirahat di rumah. Padahal, membaca dan mempelajari ulang materi kuliah atau sekolah adalah hal yang penting supaya pelajaran jadi nempel di memori kamu, lho! Jadi, ada baiknya kamu bisa melawan distraksi yang ada supaya bisa fokus belajar di rumah. Seperti apa, hayo?

 

Langsung simak tips untuk tetap fokus belajar di rumah berikut ini!

 

Siapkan Tempat Belajar Khusus yang Nyaman

Kenyamanan udah pasti jadi faktor utama ketika mau belajar. Oleh karena itu, kamu pun harus memastikan supaya tempat atau ruang belajar punya kondisi yang nyaman untuk dipakai belajar.

 

Eits, tapi, kenyamanan yang dimaksud di sini adalah seperti penerangan yang cukup, tempat duduk yang empuk, dan meja yang layak, ya! Pastikan ruang belajar kamu nggak terlalu nyaman sampai mengganggu tingkat fokus belajar kamu, misalnya dengan adanya konsol games, TV, atau tempat tidur yang bikin kamu tergoda untuk istirahat setiap 10 menit sekali!

 

Susun Jadwal

Belajar di rumah mengartikan kalau kamu nggak akan dapat banyak supervisi dari dosen atau guru. Selain itu, jadwal belajar pun bisa jadi berlangsung sesuai suasana hati kamu. Namun, usahakan hal ini nggak membuat jadwal belajar jadi nggak teratur atau bahkan jadi nggak konsisten. Gimana caranya, ya?

 

Kamu bisa menyusun jadwal yang nggak terlalu santai, namun nggak terlalu berlebihan. Cobalah untuk mengejar kualitas daripada kuantitas dengan menyusun beberapa sesi belajar yang singkat, tapi diulangi beberapa kali sehari. Jangan jadikan sesi belajar jadi terlalu lama dan berat untuk dilewati. Tentu akan jadi percuma jika banyak baca, namun nggak banyak yang nyangkut di otak karena kamu nggak fokus belajar!

 

Sediakan Camilan Sebagai Teman Belajar

Makan camilan sambil nonton TV atau film emang bikin suasana nonton jadi makin seru. Nah, hal ini juga berlaku pas kamu lagi belajar! Belajar sambil sesekali menyuap camilan favorit bisa bikin kamu jadi makin semangat dan fokus belajar.

 

Tapi, walaupun begitu, tetap perhatikan jenis camilan yang bakalan kamu pilih buat jadi teman belajar, ya. Jangan sampai malah bikin kamu kekenyangan, ngantuk, dan jadi semakin mager!

 

Membatasi Penggunaan Handphone

Secara nggak sadar, multitasking ternyata malah bisa mengganggu fokus belajarmu, lho. Makanya, salah satu cara fokus belajar yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi penggunaan handphone selain untuk keperluan komunikasi yang penting. Nggak ada ruginya kok, istirahat sebentar dari cek-cek medsos setiap lagi belajar. Setelah belajar, kamu baru bisa buka medsos lagi!

 

Minum Air Mineral yang Cukup

Kamu mungkin pernah denger kalau minum air mineral setiap hari sangat penting buat menjaga kesehatan tubuh. Tapi, di antara segudang manfaat kesehatan yang ada, kemampuannya buat memberikan hidrasi adalah yang paling cocok buat fokus belajar. Bayangin aja, dengan terus jaga temperatur tubuh biar tetep adem, tentu kamu bisa bebas dari momen panik dan terus konsentrasi!

 

Yuk, mulai kebiasaan selalu sedia air mineral di meja kamu supaya kamu selalu inget untuk minum.

 

Pastikan kamu pilih VIT sebagai merek air minum kemasan terbaik untuk kamu konsumsi saat lagi belajar! VIT kemasan botol 1500 ml merupakan salah satu produk air minum kemasan terbaik yang bisa menemani kamu selama belajar di rumah sepanjang hari, supaya kamu tetap semangat dan adem terus selama belajar. 

 

Itulah tadi 5 cara fokus belajar di rumah yang bisa kamu lakukan. Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, hal terpenting  yang perlu kamu ingat adalah untuk menjauhkan segala pikiran negatif yang bisa membuatmu jadi malas belajar. Kalau kamu masih memiliki pikiran-pikiran negatif yang bisa mengurangi tingkat fokus dalam belajar, ada baiknya ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan pikiran sebelum melanjutkan kegiatan belajarmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Artikel Terbaru

Icon Article
Tips Tetap Sehat

4 Ciri Air Mineral yang Bagus

4 Ciri Air Mineral yang Bagus Ini Nggak Banyak yang Tau. Apa Aja, Ya?     Bukan rahasia lagi kalau air mineral punya banyak manfaat buat keseha...

Baca
Icon Article
Tips Hidup Cermat

5 Trik Fokus Belajar di Rumah

5 Trik Fokus Belajar di Rumah Supaya Nilai Langsung Meroket!       Setelah seharian beraktivitas, kebanyakan orang akan langsung istirahat di r...

Baca
Icon Article
Tips Anti-Panik

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi, Auto Pede 100%!     Zaman sekarang, presentasi bisa dilakuin secara tatap muka maupun online. Tapi, mes...

Baca
Memiliki sarana telepon dan nomor telepon tetap, supaya pelanggan bisa menghubungi layanan VITSA dengan mudah.