Tips Hidup Cermat

Takut Bokek Tengah Bulan?

Takut Bokek Tengah Bulan? Yuk, Intip Cara Atur Pengeluaran Bulanan Berikut!

 

 

 

Baru juga gajian, eh uangnya tiba-tiba udah ilang entah kemana!

 

Pernah ngalamin hal kayak ini gak? Kalau iya, jangan sedih karena kamu nggak sendiri! Kalau habis gajian, kadang hampir semua orang lupa diri dan belanja ini itu, kemudian malah lupa sama hal-hal yang penting, seperti bayar cicilan atau menyisihkan dana buat investasi. Akhirnya, uang gajian cuma numpang lewat aja!

 

Buat menghindari hal ini, cobain cara-cara mengelola pengeluaran bulanan rumah tangga yang ada, beberapa contohnya adalah sebagai berikut ini!

 

Belanja Sesuai Kebutuhan

Cara menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga yang pertama ini sih, wajib hukumnya walaupun kadang jadi yang paling sulit dilakukan. Mulai sekarang, buang jauh-jauh sifat konsumtif yang nggak ada habisnya! Secara pelan-pelan, kurangi kebiasaan buka aplikasi belanja online yang bikin tergoda buat belanja hal yang belum tentu kamu butuhin. Kalau emang harus banget belanja secara online, coba deh bikin list prioritas terlebih dahulu biar nggak merasa bersalah setelah check out!

 

Hal ini juga berlaku kalau kamu belanja di minimarket. Sebisa mungkin bawa daftar belanja biar kamu fokus belanja barang-barang yang esensial aja, contohnya kayak bahan makanan atau air mineral buat konsumsi di rumah. Jangan lupa juga untuk mastiin kalau produk yang kamu beli berkualitas, ya! Contohnya, buat persediaan air mineral di rumah, pastiin pilih VIT Galon, air minum murah dan berkualitas. Dengan ukuran 19 liter, kamu tentunya bisa selalu sedia stok air mineral di rumah ataupun kosan yang punya harga pas dan kualitas tinggi!

 

Ingat-ingat Pengeluaran Tetap

Sebelum kamu gajian setiap bulannya, coba ingat-ingat lagi pengeluaran yang sifatnya tetap. Jadi, pas uang gaji udah ditransfer ke rekening kamu, kamu bakalan tau yang mana yang harus dipenuhin terlebih dulu. Nah, beberapa contoh pengeluaran tetap antara lain kayak berikut ini!

 

  • Stok makanan dan air mineral VIT untuk di rumah

  • Biaya sewa kost atau kontrak

  • Tagihan internet atau TV kabel

  • Pulsa dan paket data

  • Biaya transportasi selama satu bulan

 

 

Pengeluaran-pengeluaran yang dimaksud di sini adalah yang sifatnya tetap. Tapi, hal ini nggak menutup kemungkinan angka pengeluaran bisa berubah tiba-tiba. Jadi, ada baiknya kamu selalu ngelakuin pengecekan ulang supaya semua pengeluaran tetep terkontrol!

 

Buat Catatan Pengeluaran Harian

Membuat catatan pengeluaran harian juga merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran rumah tangga, lho! Dengan ngumpulin struk belanja dan mencatat pengeluaran setiap hari, kamu jadi bisa menganalisis barang-barang apa yang nggak perlu kamu beli lagi di bulan berikutnya.

 

Bawa Uang Kertas Secukupnya

Salah satu cara menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga yang bisa kamu lakukan adalah semudah dengan nggak membawa banyak uang cash di dompet. Kenapa? Soalnya cara ini bikin kamu berpikir dua kali pas lagi mau ngeluarin uang beli beli sesuatu. Selain itu, cara ini jitu banget buat kamu yang suka mager. Soalnya, trik ini bikin kamu jadi harus semakin sering bolak-balik ke ATM setiap uang di dompet habis.

 

Nah, itu dia 5 cara mengatur pengeluaran bulanan rumah tangga yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, mengatur budget nggak hanya berguna buat mengurangi pengeluaran, tapi juga buat bikin kehidupanmu semakin teratur. Kalau kamu tau apa yang harus dibeli dan kapan harus dibeli, tentu nggak akan ada lagi momen panik karena barang-barang keperluan udah abis!

Artikel Terbaru

Icon Article
Tips Tetap Sehat

4 Ciri Air Mineral yang Bagus

4 Ciri Air Mineral yang Bagus Ini Nggak Banyak yang Tau. Apa Aja, Ya?     Bukan rahasia lagi kalau air mineral punya banyak manfaat buat keseha...

Baca
Icon Article
Tips Hidup Cermat

5 Trik Fokus Belajar di Rumah

5 Trik Fokus Belajar di Rumah Supaya Nilai Langsung Meroket!       Setelah seharian beraktivitas, kebanyakan orang akan langsung istirahat di r...

Baca
Icon Article
Tips Anti-Panik

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi, Auto Pede 100%!     Zaman sekarang, presentasi bisa dilakuin secara tatap muka maupun online. Tapi, mes...

Baca
Memiliki sarana telepon dan nomor telepon tetap, supaya pelanggan bisa menghubungi layanan VITSA dengan mudah.