Tips Anti-Panik

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi, Auto Pede 100%!

 

 

Zaman sekarang, presentasi bisa dilakuin secara tatap muka maupun online. Tapi, meski metodenya berbeda-beda, persiapan yang matang tetap dibutuhkan supaya kamu nggak merasa gugup. Kamu pengen tau caranya? Langsung aja simak cara mengatasi gugup saat presentasi berikut ini!

 

Persiapan Adalah Kunci

Nggak ada presentasi yang lebih baik dari sebuah presentasi yang dilakukan dengan persiapan matang. Setuju, nggak? Buat mengatasi gugup saat presentasi, coba deh lakuin persiapan atau pelajari lagi semuanya dari sehari sebelumnya. Tapi, apa saja sih yang wajib kamu perhatikan? Berikut beberapa di antaranya!

 

●       Penguasaan materi

●       Visualisasi presentasi

●       File presentasi

●       Pakaian pas presentasi

 

Berlatih Beberapa Kali Sebelum Waktu Presentasi

Dengan melatih langsung menggunakan materi yang akan kamu presentasikan, kamu akan terlatih untuk memikirkan terlebih dahulu kata-kata apa saja yang bakal disampaikan. Kalau kamu sudah berlatih  beberapa kali, maka di hari presentasi itu kamu akan menjadi lebih lancar ketika menjelaskan isi materi tersebut.

 

Antisipasi Pertanyaan

Seringnya, momen yang bikin gugup bukan pas kamu sedang jelasin materi, tapi justru saat sesi tanya jawab setelah presentasi! Wajar aja, pada momen ini, penonton diberi kesempatan buat nanya langsung tentang berbagai hal ke kamu sebagai narasumbernya. Kalau pertanyaanya udah kamu kuasai sih, nggak masalah! Tapi, gimana kalau pertanyaannya justru nggak nyambung?

 

Jangan khawatir! Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan antisipasi pertanyaan dan siapin jawaban dari sebelumnya. Kamu bisa perbanyak riset atau perluas wawasan. Tapi, kalau waktu kamu nggak cukup buat cari tau lagi, nggak ada salahnya buat bilang nggak tau serta ajak penonton buat diskusi dan temuin jawabannya bareng-bareng!

 

Jaga Penampilan

Kalau kata orang-orang sih, jangan nilai orang lain dari penampilannya aja. Tapi, nggak ada salahnya juga buat siapin penampilan yang paling bagus, lho! Hal ini bukan semerta-merta pakai pakaian rapi dan bagus, tapi juga bahasa tubuh saat bicara. Soalnya, penonton nggak cuma menilai materi yang terlihat di layar. Cara penyampaiannya pun juga sama pentingnya!

 

Makanya, biasakan buat menghindari gerakan yang terkesan bikin kamu tertutup atau ragu saat bicara. Lalu, kalau memungkinkan, jangan lupa buat menatap para penonton biar nggak terkesan menghindari mereka!

 

Minum Air Mineral yang Cukup

Cara mengatasi gugup saat presentasi yang berikutnya adalah dengan minum air mineral yang cukup. Air mineral mampu menyegarkan tenggorokan, serta membuatmu lebih tenang dan terhindar dari momen gugup waktu lagi mau presentasi agar fokus terjaga. Sebelum mulai, ambil waktu sejenak buat menenangkan pikiran dan minum air mineral, supaya nggak tiba-tiba nge-blank dan biar kamu bisa bebas dari momen panik!

 

Makanya, pastiin kamu selalu ditemani air mineral kemasan terbaik buat bikin kamu adem terus! Salah satu contohnya adalah VIT yang juga tersedia dalam kemasan gelas 220 ml. Harga air mineral gelas VIT nggak cuma murah, kualitasnya pun nggak perlu diragukan lagi! Proses pengemasan air mineral VIT menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat. Jadi, air mineral gelas murah dan berkualitas dari VIT bisa kamu bawa-bawa saat presentasi, dimanapun kamu berada!

 

Jangan Berhenti Belajar

Kemampuan presentasi nggak akan tumbuh dalam sehari. Wajar aja kalau kamu suka merasa gugup atau cemas. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mulai menanamkan pemahaman kalau bagaimanapun hasil presentasinya nanti, itu bukanlah sebuah kegagalan. Bahkan, rencanakan buat melakukan presentasi dengan materi yang sama di kemudian hari dengan penonton yang berbeda. Soalnya, semakin sering kamu berlatih dan memberanikan diri untuk melakukan presentasi di hadapan orang banyak, rasa gugup yang biasa kamu rasakan pun akan berangsur berkurang!

 

 

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi gugup saat presentasi yang bisa kamu lakukan. Selain melakukan hal-hal di atas, jangan lupa untuk berdoa dan berpikiran positif, ya! Hal ini dapat memberimu ketenangan batin dan membangkitkan rasa percaya diri kamu. Selamat mencoba dan semoga presentasimu berjalan lancar!

Artikel Terbaru

Icon Article
Tips Tetap Sehat

4 Ciri Air Mineral yang Bagus

4 Ciri Air Mineral yang Bagus Ini Nggak Banyak yang Tau. Apa Aja, Ya?     Bukan rahasia lagi kalau air mineral punya banyak manfaat buat keseha...

Baca
Icon Article
Tips Hidup Cermat

5 Trik Fokus Belajar di Rumah

5 Trik Fokus Belajar di Rumah Supaya Nilai Langsung Meroket!       Setelah seharian beraktivitas, kebanyakan orang akan langsung istirahat di r...

Baca
Icon Article
Tips Anti-Panik

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi

Tips Ampuh Atasi Gugup saat Presentasi, Auto Pede 100%!     Zaman sekarang, presentasi bisa dilakuin secara tatap muka maupun online. Tapi, mes...

Baca
Memiliki sarana telepon dan nomor telepon tetap, supaya pelanggan bisa menghubungi layanan VITSA dengan mudah.