Menuju Akhir Tahun 2021, Tetap Jaga Pencernaan untuk Daya Tahan Tubuh Semakin Baik

image article

Menjelang akhir tahun biasanya ditandai dengan cuaca yang malah tidak bersahabat. Musim pancaroba dengan perubahan cuaca dan suhu yang cukup ekstrem beresiko buat bikin kamu mudah sakit. Maka dari itu, kamu harus tetap jaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan biar daya tahan tubuhmu tidak terganggu. Gak mau kan rencana akhir tahunmu gagal karena sakit?

Kegiatan menuju akhir tahun yang membuat kamu semakin sibuk jangan sampai membuat kamu jadi memiliki kebiasaan buruk seperti begadang, telat makan, dan lupa minum air. Hal-hal itu dapat mengganggu fungsi tubuh kamu, terutama sistem pencernaan. Saat pencernaan terganggu, tubuh kamu akan mengirimkan sinyal berupa sakit perut, mual, sembelit, hingga muntah atau diare. Tubuh yang lemas karena pencernaan tidak baik dapat berdampak buruk bagi daya tahan tubuh kamu, lho!

Sistem Pencernaan Sehat, Daya Tahan Tubuh Kuat

Sebanyak 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat dalam jaringan usus sehingga saat saluran pencernaan bermasalah, bakteri baik dalam usus bisa menurun yang mengakibatkan proses penyerapan nutrisi terganggu. Saat tubuh kamu tidak mendapatkan asupan yang cukup, tubuhmu tidak akan dapat berfungsi secara optimal. 

Asupan yang kamu konsumsi juga harus tetap diperhatikan, ya! Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, makanan atau minuman manis, dan makanan kurang sehat lainnya dapat menyebabkan tubuh kamu kekurangan serat. Padahal, serat dalam makanan yang kamu konsumsi berfungsi untuk penyerapan air sehingga proses metabolisme tubuh kamu akan lebih cepat dan mudah. Cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah.

Tak hanya dari makanan, tubuh kamu yang kurang bergerak juga dapat menjadi salah satu alasan pencernaan kamu terganggu. Saat berolahraga, usus kamu pun akan aktif bergerak sehingga proses pengolahan makanan dapat berlangsung lebih cepat dengan nilai tambah tubuh yang semakin bugar.

Cara agar pencernaan lancar lainnya yang dapat kamu terapkan untuk sekaligus menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memiliki rutinitas dan pola hidup yang stabil. Mulai dari jam makan, jam tidur, jam kerja, dan pembagian waktu lainnya sehingga tubuh kamu pun akan terbiasa dengan rutinitas yang dilakukan.

Jangan terlewat untuk memasukkan kebiasaan minum air setidaknya dua liter per hari ke dalam rutinitas kamu juga, ya! Selain menghindarkan tubuh kamu dari dehidrasi, minum air yang cukup dapat membantu pencernaan kamu bekerja lebih baik. Tentunya, kita harus memenuhi kebutuhan hidrasi dengan air minum berkualitas. Kamu bisa pilih air minum berkualitas seperti VIT yang sudah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia dan telah memenuhi syarat SNI dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Air minum VIT berasal dari sumber air terpilih, dan telah memenuhi standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point), ISO, 9001 di semua pabriknya dengan melalui proses mikrofiltrasi ganda dan disinfeksi dengan ozon.

Demi memudahkanmu memenuhi kebutuhan hidrasi, selalu sedia VIT yang hadir dalam bentuk Cups, botol sedang 550 ml, botol besar 1500ml, hingga galon, di tempat-tempat yang paling kamu gunakan untuk beraktivitas. Jaga pencernaanmu selalu sehat untuk daya tahan tubuh yang kuat bersama VIT yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko, supermarket, minimarket, atau e-commerce kesukaanmu. Jadi, sudahkah kamu minum VIT hari ini?

Sumber: